Notification

×

Iklan

Iklan

KPK Gelar Bimtek untuk Pejabat dan Istri Lingkup Kota dan Kabupaten Bima

| Selasa, Mei 28, 2024 WIB Last Updated 2024-05-28T11:33:14Z
Pembukaan bimtek oleh Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi
Kota Bima, JB.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Dit Permas) gelar Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas untuk puluhan pejabat eselon II Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.


Bimtek di gelar di Hotel Marina Inn, Selasa, 28 Mei 2024 itu dipimpin langsung oleh Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi,S.IK.


Turut hadir pula, Pj Wali Kota Bima, HM Rum dan Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri Dan unsur Forkompinda.


Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi,S.IK menyampaikan, tujuan bimtek yang hadirkan pejabat plus istri  ini adalah dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan peran serta masyarakat terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.


Sekaligus untuk mengingatkan kepada kita semua, bahwa Kita adalah korban dari tindak pidana korupsi, tetapi kita juga bisa menjadi pelaku-pelaku korupsi.


"hari ini kita bebas dari korupsi tapi besok belum tentu," ujar mantan Kapolres Bima-Kota itu tegas.


Terutama dari keluarga, untuk itu, hari ini kegiatan bimtek menghadirkan Pejabat Pemerintah berdampingan dengan istri.


Peran istri juga sangat penting, untuk pencegahan korupsi, istri dapat mengingat suami yang jadi pejabat agar terhindar dari perilaku korupsi.


Istri pun juga harus mengetahui posisi suami yang menjadi pejabat, dengan demikian setidaknya upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi bisa diminimalisir sejak dari lingkungan keluarga.


Menurut Kumbul, ada enam hal yang harus dilakukan dalam rangka menjaga integritas, pertama, iman harus kuat, sesuai ajaran Agama masing-masing. Kedua,  komitmen terhadap ajaran-ajaran Agama dan aturan yang ada. 


Kemudian tetap konsisten dan menjaga konsistensi. Rela berkorban, tahan terhadap godaan dan yang terakhir butuh dukungan orang lain untuk saling mengingatkan.


Lebih jauh Jendral Bintang Satu ini menjelaskan, bahwa dalam rangka memberantas korupsi, KPK selama ini sudah melakukan proses penegakkan hukum sebanyak 1.749 Pelaku, 148 diantaranya adalah Wanita, kalau kita lihat data lagi yang tertinggi adalah di tingkat Kabupaten dan Kota sebanyak 618 kasus. 


Lanjutnya, tidak ada jaminan orang tidak akan melakukan korupsi, tanpa dibangun mulai dari keluarga kecilnya, untuk itu peran keluarga sangat penting.(Red)


Salah satunya dilakukan hari ini, melalui bimtek langsung oleh KPK RI ke daerah dengan menghadirkan langsung pejabat dan istrinya.


Harapannya, semoga Kota dan Kabupaten Bima kedepan bersih dari korupsi, sehingga  pembangunan dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat.(Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.