Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Kota Bima dan Mahasiswa KKN Unram Sosialisasi Mitigasi Bencana di Kelurahan Dara

| Rabu, Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-07-24T01:44:43Z
Sosialisasi mitigasi bencana di kelurahan Dara 
Kota Bima, JB.- Selasa (2307/2024) BPBD Kota Bima dan mahasiswa KKN Unram melaksanakan sosialisasi mitigasi bencana di Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima.


Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Koordinasi dilakukan mahasiswa KKN PMD Unram 2024 yang berlokasi di Kelurahan Dara ke kantor BPBD Kota Bima sehari sebelumnya.


Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Dara, aparat Kelurahan Dara, ketua RT dan RW se Kelurahan Dara, Ketua TSBK, Ketua Karang Taruna, beserta tokoh masyarakat sekitar


Acara digagas Mahasiswa KKN Unram itu menghadirkan narasumber sekaligus mewakili kepala BPBD Kota Bima, Imawan Muslimin ST,  M.Eng.


Materi disampaikan tentang pengelolaan dan pemanfaatan air hujan untuk mitigasi bencana dan kesehatan. 


Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa kita masih memandang sebelah mata terhadap air hujan dan belum menjadikan sebagai potensi sumber air baku.


Padahal air hujan adalah air yang sangat bersih, selanjutnya disampaikan pula bahwa air hujan dapat kita kelola dan manfaatkan dengan baik sebagai air bersih dan bahkan air  minum serta untuk terapi berbagai jenis gangguan kesehatan.


Pada kesempatan itu, Imawan juga memberikan materi tentang cara menampung air hujan dan proses dielektrolisis sehingga menghasilkan air dengan ph tinggi atau alkali dengan teknologi yang sangat sederhana dan dapat dipelajari oleh siapapun.


Lurah Dara, Nurmala dalam sambutannya  menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa yang sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi kebencanaan.


Dirinya juga imbau kepada seluruh ketua RT dan RW untuk mendukung dan bersama-sama melaksanakan program kegiatan yang sudah disusun oleh adik-adik mahasiswa selama KKN berlangsung sampai dengan akhir Agustus.


Saat kegiatan sosialisasi, masyarakat sangat antusiasme mendengarkan materi yang disampaikan dan pada akhir acara masyarakat dan adik-adik mahasiswa KKN bersepakat untuk bersama-sama melakukan praktek pembuatan alat panen air hujan dan alat elektrolisis air hujan.


Seluruh peralatan nantinya akan akan ditempatkan di kantor Kelurahan Dara sebagai hasil karya nyata mahasiswa KKN yang dapat terus dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai air bersi maupun air minum kesehatan dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Dara.(Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.