Notification

×

Iklan

Iklan

Kelurahan Rabadompu Timur dan BPBD Beri Edukasi Mitigasi Bencana ke Masyarakat

| Jumat, Juli 26, 2024 WIB Last Updated 2024-07-26T02:29:18Z
Kegiatan sosialisasi di kelurahan Rabadompu Timur 
Kota Bima, JB.- Kelurahan Rabadompu Timur berkolaborasi dengan BPBD Kota Bima menggelar sosialisasi tentang peningkatan kepedulian dan kesiapsiagaan dalam upaya membantu korban bencana.


Sosialisasi digelar di aula kantor Kelurahan Rabadompu Timur, Kamis (25/7/2024) dibuka Lurah, Sariman dan menghadirkan pembicara dari BPBD Kota Bima, Imawan Muslimin.


Lurah Rabadompu Timur, Sariman saat buka kegiatan menyampaikan tujuan digelarnya sosialisasi hari ini guna memberikan pengetahuan lebih pada masyarakat tentang kepedulian masyarakat terhadap bencana.


Termasuk kesiap Siagaan masyarakat dalam menghadapi setiap bencana, maka dari itu, Lurah berharap masyarakat yang hadiri dapat menyerap materi disampaikan pemateri.


Harapannya lainnya, dapat disampaikan lebih lanjut ke tetangga atau orang lain, sehingga informasi tentang Kesiapsiagaan bencana dapat diketahui lebih luas.


" Semoga melalui kegiatan sosialisasi ini masyarakat akan lebih paham dan sigap serta siap bila terjadi musibah bencana," harap Sariman.


Penata Penaggulangan Bencana, BPBD Kota Bima, Imawan Muslimin dalam paparannya menyampaikan tentang mitigasi bencana gempa bumi.


Dijelaskan, bahwa mitigasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana. 


Termasuk bagian dari upaya yang memiliki sejumlah tujuan yaitu untuk mengenali risiko, penyadaran akan risiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya.


Didepan masyarakat, Imawan juga sampaikan beberapa langkah bisa dilakukan untuk upaya pencegahan, saat terjadi dan sesudah gempa.


Karena gempa bumi tidak ada aba-aba atau tanda-tanda, maka perlu kesiapan secara mental, karena kepanikan sangat dirasakan saat terjadi gempa.


Maka dari itu upaya bisa dilakukan, Mulai dari pencegahan dengan berupaya mendirikan bangunan tahan gempa.


Kemudian Kenali lokasi bangunan tempat anda tinggal. Tempatkan perabotan pada tempat yang proporsional. Contohnya, lemari yang saat terjadi gempa tidak akan menimpa kita.


Upayakan saat terjadi gempa dengan cara berlindung di sudut bangunan yang memang memiliki kekuatan, dibawah meja dan upayakan lindungi kepala dari jatuhnya material.


Tak lupa, terakhir di setiap rumah selalu siapkan peralatan seperti senter, P3K untuk jaga-jaga dan sejak dini Kenali jalur evakuasi ke tempat aman.(Red)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Komentar merupakan aspirasi pembaca dan tidak merepresentasikan pendapat JangkaBima. Mohon selalu sampaikan pendapat dengan sopan dan tidak melanggar SARA.